Sabtu, 03 Januari 2009

PRIBADI YANG BERFUNGSI SEUTUHNYA

Apa sih maksud judul diatas? Yang jelas, ga jauh-jauh amat dari kita yang pada pengen mengembangkan Sumber Daya yang kita miliki secara optimal. Mo tau gimana caranya? Carl Rogers merinci 5 ciri kepribadian orang yang berfungsi sepenuhnya, sbb:
  1. Terbuka untuk mengalami

Sebagai manusia sosial yang selalu berinteraksi dengan makhluk lainnya, tentunya kita punya seabrek pengalaman. Baik itu pengalaman positif (ex: menyenangkan ) maupun negatif (menyedihkan, memuakkan ). Terkadang kita cenderung menghindari pengalaman-pengalaman negatif. Namun orang yang berfungsi utuh akan terbuka untuk memiliki pengalaman-pengalaman negatif itu. So, apapun yang terjadi, dia always siap menghadapi dengan lapang dada.

  1. Hidup menjadi

Setiap pengalaman dipandang baru dan unik, berbeda dengan yang pernah terjadi. Kita kudu siap menghadapinya tanpa diawali prasangka dan harapan sebelumnya.

  1. Keyakinan Organismik

Orang mampu pake’ perasaannya yang terdalam sebagai sumber utama membuat keputusan. Misalnya, berani berkata ”tidak” untuk hal yang gak sesuai dengan hati nuraninya.

  1. Pengalaman kebebasan

Orang yang b’fungsi sepenuhnya memiliki pengalaman hidup bebas dengan cara yang diinginkan / dipilih sendiri, tanpa perasaan tertekan or terhambat.

  1. Kreativita

Orang dengan Good Life berkemungkinan besar untuk memunculkan sumber-sumber kreatif (Idea, prroject, action) dan hidup kreatif. So, klo kamu pengen mengoptimalkan Sumber Daya yang kamu miliki, kreatiflah...

(Sumber: Alwisol, 2004. Psikologi Kepribadian.Malang: UMM Press)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarin Ah...