Minggu, 11 Januari 2009

BUKAN DIA… TAPI GUE

Punya nama ZAINIDA yang simple n abjadnya paling terakhir di deretan 25 abjad kadang-kadang bisa bikin untung, tapi kadang juga bisa bikin buntung. Untungnya, dulu pas di duduk dibangku esde, disekolahan sering banget ada pelajaran menghafal, menyanyi atawa mengerjakan tugas di papan tulis dengan memanggil nama siswa satu-persatu untuk maju ke depan kelas. Biasanya dipanggil menurun absen. Kita semua sering deg-degan apalagi kalo pas lagi diajar sama guru yang kiler. Nah… berhubung absent gue paling belakang, jadi sering terselamatkan. Hehehe… siswa yang maju baru nyampe absen hurup S, ternyata waktunya dah habis. Pelajaran diakhiri dan bu guru bilang ”Sambung minggu depan” Ternyata minggu depannya, si Guru udah lupa. Walhasil kita-kita yang absen belakangan pada gak jadi maju. Alhamdulillah… Yes! Yes! Yes!!.. Keuntungan yang laen, gue ga usah panjang-panjang nulis nama di kolom LJK ulangan umum or SPMB. Cukup lingkarin tujuh huruf : Z-A-I-N-I-D-A. Beres deh... Gak pake kehabisan waktu. Ga pake ga cukup kolomnya. Hehehe...

Selain untung, gue juga pernah buntung alias mengalami hal-hal yang tidak diinginkan gara-gara nama. Terlepas dari masalah simple or abjad terakhir lhoo... Tapi tentang nama hampir kembar. Yups, entah kenapa gue ngalamin hal ini pada event yang sama dan berurutan pula. Begini ceritanya...

Pada saat ngajar Pelatihan Aplikasi Internet 2006 lalu untuk Mahasiswa Baru di kampus, ada salah seorang rekan (sesama Intruktur) yang bernama Zein Zamroni (Halo Zein.. namamu mampir di blogku nich..). Waktu itu kebetulan gue dapet ngajar 1 kelas ama dia. Pada awal pertemuan, kami memperkenalkan diri. Kebetulan waktu itu, yang memperkenalkan instruktur adalah Zein karena gue lagi ngambil presensi dan buku di kantor. Setelah mengajar, kami berikan kesempatan kepada para Maba mengoperasikan komputer masing-masing untuk mempraktekkan apa yang telah kami ajarkan. Gw pun duduk di depan komputer untuk merekap presensi dan chek mailist. Sedangkan Zein mengambil posisi di komputer depan gue dan sama-sama ngenet. Lagi serius ngerekap presensi, tiba-tiba ada salah seorang Maba (Mahasiswa baru) yang memanggil ” Kak Z*in... Kak Z*in...” suaranya emang rada gak jelas cos saingan ma suara mp3 player yang baru di stel Zein. Tapi gue yakin 100% bahwa suara itu lagi manggil-manggil si Zein. So dengan cueknya, gue lanjutin ngerekap. Merasa namanya dipanggil, dengan senyum manisnya si Zein mendekati suara anak yang memanggil. Terlihat wajah si Maba yang memanggil agak mengerutkan kening. Namun selanjutnya dia nanya sesuatu tentang materi yang belum ia pahami. Setelah menjawab pertanyaan anak itu, Zein balik duduk di depan komputernya, Sementara gue patroli keliling kelas memperhatikan anak-anak mempraktekkan internetnya. Hingga saat gue berada didepan anak yang tadi memanggil Zein, dia manggil gue.

Maba : ” Kak.... kakak gimana sih? Aku panggil kok malah kak Zein yang dateng. Aku kan mau nanya materi kakak yang tadi.”
Gue : ( Agak kaget, tapi masih jaim) ” Emangnya tadi kamu manggil siapa dek?”
Maba : ”aku manggil kak Zain.... bukan Kak Zein...Nama kakak kak Zainida kan? Tadi kata kak Zein, panggilan kakak kak Zain ”
Gue : ” OALAAAH...” (Ngikik dalam hati. Ternyata dia manggil gue Zain. Bukan Nida. Hihihi... Jujur gue ga pernah dipanggil Zain, so rada asing kedengerannya) “ Gini dek... tadi kan kak Zain.. lagi ngerekap presensi, jadi kak Zein yang patroli keliling kelas. Nah... sekarang ini giliran kakak yang keliling kelas. Sama aja kan? Kan sama-sama instruktur kalian.” ( sukses ngeles dengan ramahnya. Hehehe.. gue pikir si maba manggil Zein, ternyata bukan dia... tapi gue... )

Pada saat gue menghampiri Zein dan mau cerita tentang kejadian barusan, gue denger suara maba yang manggil-manggil lagi. Kali ini dari pojok belakang. Seorang maba yang (maaf) dandanannya rada centil n yang paling banyak omong di kelas manggil-manggil. ” Kak Z*in... kak Z*in...” aduh.. lagi-lagi gak jelas. Ternyata Zein juga dengar panggilan itu. Sejenak kami saling berpandangan. Tapi yang dipanggil sapa yack? Gue apa dia? Akhirnya, karena gue yang lagi berdiri, secara.. gue yang ngedeketin panggilan itu. Saat gue deketin, maba itu sewot ” Aduh kak.... aku ni manggil kak Zein, kok malah kak Zain yang ndeket seh? Aku kan mo minta alamat imel kak Zein yang ganteng itu. Bukan kak Zain lah... masa’ jeruk makan jeruk?” anak itu ngomel-ngomel ga jelas. OH GOD...!!!! salah satu Panitia aplikasi internet yang lagi ada di dalam ruangan mendadak ngakak sengakak-ngakaknya diikuti seluruh peserta pelatihan sekelas.
Ternyata, kasus Zain vs Zein yang gue alami itu justru jadi bahan banyolan para instruktur n panitia saat evaluasi mingguan. Ikhlas aja deh, sebagai bahan intermezo biar semua pada ga stress. ”Makanya, besok lagi dilabelin ’mas’ dan ’mbak’ donk biar gak bingung. Para maba jangan disuruh manggil ’kakak’. Iya kan mas Zain... mbak Zein... Wakakak...” Celetuk salah satu panitia. Bahkan saat katemu di pelatihan periode selanjutnya (2007), Rusdi, rekan instruktur 2006 yang dulu paling getol ngeledeki kami, tahun 2007 jadi Panitia masih juga ngeledekin gue. ” Mas Zain... mas Zain... gimana kabarnya mbak Zein? Kuq ga da kabarnya yach?” ga peduli di depan panitia, instruktur, dosen, mahasiswa, tetep aja manggil gue mas Zain. UGH...! Awas lo Rus, Gue kutuk jadi cakep!!!

Malapetaka tentang nama tak berakhir sampai disitu aja ( Malapetaka? Lebay ah lo Nid! ^_^). Pada saat pelatihan Aplikasi internet 2007 alhamdulillah gue jadi Instruktur Aplinet lagi. Dengan maba yang baru (ya eyalah... mana ada maba yang lama), panitia yang baru,dan rekan instruktur yang baru juga. Ada juga beberapa wajah lama yang menghiasi susunan instruktur dan panitia. Ceritanya berawal pada saat pembagian jadwal ngajar hari pertama. Saat kordinasi gue duduk di sebelah mas Zaenal ( Mas Zae... mas Zae... namamu juga nongol di blogQ neh!) . Salah satu rekan instruktur aplinet. Saat kami asyik dengan internet masing-masing, gue denger salah satu instruktur bilang ” Zae... besok pagi kamu ngajar gantiin Zaki di labkom C shift 2 ma Eva ya...” Kira-kira yang dipanggil gue apa mas Zaenal ya? Mengingat pengalaman tahun lalu, gue ga mau ngelakuin kesalahan yang kedua kalinya. Ah... jelas-jelas dia bilang ’Zae’ pasti mas Zaenal lah... tapi ga ada salahnya kalo gue tanya mas Zaenal buat konfirmasi.
Gue : “ Mas...mas... orang yang barusan itu, manggil saya apa mas ya?”
Mas Zaenal : “ Aduh maap, saya ga denger.”

Denger jawaban mas Zaenal yang rada mengecewakan gitu, gw cari inisiatif lain, untuk mencari si empunya suara. Tapi terlambat. Dia dah ga ada. Dia dah pulang. Orang yang punya nama Zaki juga sudah sirna. Mo nanya ke panitia, tapi gue lupa belon nanya siapa nama mas yang tadi itu. Maklum...hari pertama kordinasi. Masih belum apal semua nama instruktur. Akhirnya gue balik lagi ke mas Zaenal. Sambil nanya “ Mas.. kalo boleh tau, nama panggilan mas siapa?” belum sempat mas Zaenal ngejawab pertanyaan, seeorang temannya manggil dia dari luar “ Zae... Zae... cabut yuk!” mas Zaenalpun mengambil tasnya sambil bergegas keluar “OK man!” Oo..... ternyata, panggilan dia thu Zae... ( Manggut-manggut paham). Sekarang gue yakin 999% klo instruksi pertukaran shift tadi ditujukan ke mas Zaenal.

Hari ke 4 pelatihan aplikasi internet, saat lagi ngajar shift pertama, icon di Yahoo Messanger gue kedap-kedip. Ternyata dari bang Zack, instruktur Aplinet juga yang punya nama asli Zaki.

Bang Zack : ” Non, ntar gantiin aku ngajar lagi yack... aku bentrok ngajar lagi di KBA (Kursus Bahasa Asing) di kampus I neh. Aku ikhlas kok ngasih kamu ’rejeki’ sama kamu. Ga minta tuker pake shift kamu. GRATIS.. TIS...!”
Deg... perasaan gue mulai ga enak. Emangnya kapan ya bang Zack ngasih gue shift ngajar gue? Gue memutar memori. ASTAGFIRULLAH.... jangan-jangan...

Selesai ngajar shift pertama biasanya gue langsung nongkrong di kOPMA sambil nunggu waktu untuk ngajar lagi di shift 3, tapi kali ini gue langsung ngacir ke ruang panitia dan menghampiri salah satu panitia yang lagi jaga presensi instruktur.

Gue : (sambil ngos-ngosan) ” Mas.. mo... nanya, Hhh.. Hhh... dari... hari pertama... sampe.. hari ketiga... shift I di labkom C... siapa yang ngajar bareng Eva..?”
Panitia : ” Labkom C shift I ya? Mmmmm....” (bolak-balik presensi) Ini cuman ada tanda tangannya mbak Eva sendirian mbak. Ga ada partnernya. Kasian mbak Eva.”
Gue : ” Hah? Sendirian? Berarti ga ada yang gantiin bang Zack dunk? Ada catatan pertukaran shift ga mas? Soalnya bang Zack memang bilang dia ga bisa ngajar untuk minggu ini.”
Panitia : ” Bentar ya mbak...” ngecek jadwal pertukaran instruktur) ” Ini mbak... mas Zaki Masani Zulkarnaen ngasihin shiftnya ke mbak Zainida. Lho.. ini nama sampeyan kan? Hayo.. kemana aja sampeyan selama ini? Kenapa mabak Eva ditinggal sendirian? Gimana pertanggung-jawabannya ini? Bla.. bla.. bla..”
Gue : ” lho... saya mas? Anu.. anu.. “ (gelagepan) “ Bukannya mas Zaenal mas? Kemaren instruksinya kurang jelas siapa yang dituju. Cuman manggil ‘Zae..Zae..’ doank”
Panitia : Ya nggak mungkin mas Zaki ngasihin shiftnya ke mas Zaenal lah mbak... Lha wong di shift yang sama mas Zaenal juga lagi ngajar neh (sambil nunjukin jadwal ngajar instruktur)

Gue tertegun. Shock, malu, nyesel, kenapa gue buang-buang rezeki yang udah Allah titipkan lewat bang Zack. Ternyata panggilan Zae yang gue pikir buat mas Zaenal kemaren itu justru bukan untuk dia, tapi gue...

3 komentar:

  1. Waduh Kok aku JADI TERSANGKA gitu ya?

    tapi bagus kok ceritanya..lumayan lah buat ngingetin kenangan pas ZAMAN kuliah..hehe

    keliatannya sama2 banyak kenangannya ya..cuma bedanya g aku abadikan (kayak nida tu..Tambah siiiiip ae..Ngetop markotop..)

    btw..aku sekalian ijin nih..BLOG mu aku buat LINK di BLOG ku..biar bisa share..

    Thanks after n before..

    BalasHapus
  2. Bukan t'sangka kok mas, Tp 'disangka'. hehe...

    makasaih udah di link ya, Nida juga mau ngelinl blog mas Zae. ^_^

    BalasHapus
  3. Bukan t'sangka kok mas, Tp 'disangka'. hehe...

    makasih udah di link ya, Nida juga mau ngelink blog mas Zae. ^_^

    BalasHapus

Komentarin Ah...