Sabtu, 03 Januari 2009

MAHASISWAPUN BISA CARI DUIT SENDIRI


Siapa bilang Mahasiswa ga bisa mandiri? Siapa bilang Mahasiswa cuma bisa ngabis-ngabisin duit doang? Memang bener sih, sebagai mahasiswa budget yang kita keluarkan tidak sedikit. Mulai dari biaya SPP, DPP, uang buat beli buku dan alat tulis, fotokopi-fotokopi, ngeprint tugas kuliah, pulsa. Belum lagi biaya yang dibutuhkan bagi mereka yang jadi anak kost, seperti biaya sewa kosan or kontrakan, makan, minum, ngisi galon, urunan bayar listrik, telpon,sampah, beli kompor, wajan, pembersih lantai, kebutuhan sehari-hari kayak deterjen, bahan makanan,dll. Aduuuuhh... pusing rasanya kalo pengeluaran terus membengkak. Kita harus pinter-pinter memanage pemasukan dengan pengeluaran. Apalagi kalo sebelum saatnya dapet kiriman, tapi duit udah habis duluan. Masa’ kita harus ngutang melulu sih?


Naaaah... untuk mengatasi masalah diatas, ada baiknya kita tidak hanya mengandalkan uang kiriman dari keluarga. Kitapun bisa berusaha untuk mencari penghasilan sampingan. Walaupun tidak 100% dapat mengcover semua kebutuhan. Tapi paling tidak... kita bisa belajar untuk hidup mandiri lah!


Sebenarnya, kalo kita mau.. peluang usaha disekitar kita banyak lho.. tinggal bagaimana kepekaan kita untuk menangkap peluang itu dan tekad untuk melaksanakannya. Berikut ini adalah pengalaman-pengalaman penulis semasa kuliah, semoga bisa jadi inspirasi buat teman-teman semua...


1.

Bisnis foto di event-event

Ide ini muncul ketika melihat bakat n minat... mantan (ups.. rada berat ngomongnya. Yang jelas waktu itu belum berstatus mantan,lah..) gue dalam hal fotografi n editing video juga bakat-minat gue dalam hal seni, enterpreneurship n manejemen (menurut dia sih). Dia yang jadi fotografernya, gue yang jadi manajer sekaligus PRnya. Wakakakak... misalnya di organisasi ada diklat or event-event kampus lainnya, kita motret-motret n record-record sesuai pesanan maupun tidak. Setelah foto dan videonya jadi, kita promosiin ke mereka. Ternyata banyak yang pesen. Wuihh...


2.

Jualan kembang pas wisuda

Ini dia ritual rutin tiga kali setaun. Saat wisuda tiba, bareng sobat gue yang sama-sama doyan bunga, kita beraksi dari mulai hunting bunga ke kebun bunga di Pujon Batu sampe begadang ngerangkai bunga pada malam harinya. Pas hari H udah siap dikampus mulai jam 04.30 pagi. Saat temen-temen kosan masi pada kencan dengan selimut dan bantal mereka masing-masing. Saat wisudawan / wisudawati belum kelar dandan disalon, kami dah standby di depan UMM dome dulu-duluan nyari daerah trayek dengan pedagang bunga lainnya. Kami lebih memilih untuk berjualan kembang idup / asli karena sudah banyak saingan-saingan yang menjual bunga plastik. Selain itu kembang hidup lebih banyak dicari dan harga jualnya lebih tinggi dibanding dengan kembang plastik / tiruan. Hoby kami inipun ga cuma kami jalankan di kampus kami aja. Tapi merembah ke kampus-kampus lainnya. Lumayanlah.. selain wawasan dan pergaulan bertambah, bisa sekalian latihan berwirausaha sambil ngecengin anak-anak kampus lain. Hehe..


3.

Jadi agen tanaman hias

Kali ini gue kerja sama dengan link gue, Adi W***ya, Alumni sebuah Universitas ternama di Malang Fakultas teknik ( Sory bro, ga bermaksud gue untuk promosiin nama lo disini), Adi menggandeng beberapa temennya karena modal yang kami butuhkan tidak sedikit. Sistemnya sharing modal dan pembagian hasil berdasarkan prosentase modal. Hasil yang didapat lumayan banyak. Untuk bunga Aglonema saja 1 lembarnya seharga Rp 100.000,00. Kalo 1 tanaman Aglonema punya 10 daun berati harganya Rp 1.000.000,00. Tapi sayangnya di bisnis ini gue apes. Adi berikut modal yang gue setorin ke dia plus penghasilan gue lenyap tanpa jejak hingga sekarang. No HP dia gue hubungin ga bisa melulu. Hks... hancur hatiku. Diii... lo dimana? Buruan balik!!! Pelajaran buat temen-temen, jangan mudah percaya dengan orang lain. Memberi kepercayaan untuk menjalin relasi itu baik, tapi kita harus tetap waspada. Waspadalah... waspadalah...


4.

Jualan ta’jil pas bulan puasa

Ini pengalaman yang asyik banget. Kebetulan salah satu anggota KOPMA ada yang jago bikin kolak lidah buaya. Maka gue bersama temen-temen KOPMA jualan kolak lidah buaya. Cara jualannya cukup unik n seru abis, kalo penjual ta’jil lainnya kebanyakan yang mangkal, kami lebih memilih jualan keliling sambil tepe-tepe. Door to door pula thu. Kita cewe’-cewe’ yang teriak-teriak menjajakan dagangan, cowo’-cowo’ yang ngebawa barang dagangannya, dilehernya dikalungin tulisan ” JUAL KOLAK LIDAH BUAYA...(DARAT) UENNNAK LHO...!” hihihi..

5.

Jualan jilbab

Perlu ketelatenan tingkat tinggi dalam menjalankan bisnis ini. Karena selain laba yang diperoleh gak begitu tinggi, kita harus bersabar ketika barang dagangan kita di obrak-abrik pembeli. Udah gitu dikomentarin macem-macem n ga jadi beli. Sabar... sabar... sistem yang gue pake adalah Konsinyasi. So, sebanyak apapun Suplyer menyetok barang, siapa takuuuut..!!


6.

Agen Aqua Galon

Sebenernya bisnis ini bukan gue yang nyari. Tapi tawaran datang dari si abang galonnya langsung. Gue ditawarin untuk jadi agen galon untuk stok anak-anak kosan. Sistem yang dipakai adalah Cash. Semenjak gue ngejalanin bisnis itu, gue dapet panggilan baru dari anak-anak kosan ”Juragan galon... juragan galon...”


7.

Berpartisipasi dalam event-event

Ini adalah bentuk wirausaha dalam hal jasa. Kebetulan selama kuliah, kampus gue sempet kebagian jadi tuan rumah 2 event besar nasional, yaitu Muktamar Mahammadiyah dan PIMNAS. Kita bisa berpartisipasi menjadi panitia, penari, pembaca ayat kursi Al-Qur’an,dll. Dijamin banyak manfaatnya. Selain latihan fisik, tambah pengalaman, wawasan dan teman senusantara, dapet fee juga. Kan Asyik thuu..!


8.

Melamar sebagai tenaga-tenaga yang dibutuhkan di kampus.

Masih berupa wirausaha dalam bentuk jasa, biasanya dikampus dibuka lowongan-lowongan untuk para mahasiswa. Sebagai contoh, dikampus gue ada lowongan sebagai tenaga assistant dosen / lab, tenaga ‘part timer’ , pendamping P2KK, dan instruktur Aplikasi Internet. Gue pernah mencoba ngelamar sebagai Instruktur aplikasi Internet, Melalui seleksi ketat semua pelamar harus melewati 3 tahab tes. Di antara 100an orang pelamar hanya dipilih 30 orang saja. Alhamdulillah gue terpilih, dan tahun depannya mencoba melamar lagi dan terpilih lagi.


9.

Hunting beasiswa.

Di setiap Universitas pasti ada yang namanya Beasiswa. Seperti beasiswa Prestasi, beasiswa Aktivis, Beasiswa kurang mampu, beasiswa alumni, dll. Gue pernah mencoba mengajukan beasiswa prestasi dan beasiswa aktifis. Alhamdulillah depet salah satunya. Butuh ketelatenan dan keuletan juga dalam menjalaninya. Karena persyaratan yang dibutuhkan cukup ribet. Mulai dari ngurus surat aktif berorganisasi ke organisasi kita (untuk beasiswa aktifis), bikin surat pernyataan yang ditandatangani Pembantu Dekan III (Susahnya nguber-nguber si Bapak buat minta tanda tangan), sampe ngurus-ngurus administrasi laennya ke Pak RT, Pak RW dan kantor kelurahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarin Ah...