Sabtu, 03 Januari 2009

LOSE MY BREATH

Lagi asyik chek imel n FS neh. Comment p’tama gue baca dari adek-adek kos gue; Yuyun n Shanti. Isinya kurang lebih sama aja “ Canggah… (red: Ne panggilan sayang gue dikosan. Secara... dulu gue orang ter’uzur’ d blok bawah. Walopun di blok atas masih banyak juga anak-anak yang seangkatan gue, namun panggilan cecanggah udah terstempel di jidat gue. G peduli dimanapun kita tetep manggil gw ‘canggah’ mo di kosan, di kampus, di warnet, di warung makan, di mall, via telpon, via SMS, via imel, via blog, via Friendster,dll. Bahkan yang paling malu-maluin, mreka pernah teriak-teriak manggil gw canggah di depan kelas. Saat gw harus jaga image. Saat gue harus bertampang serius walopun ada badut ngelawak di depan gue. Saat gue membawa nama baik kampuus didepan para mahasiswa baru UMM 2006. Yup, itulah Saat gue ngajar Aplikasi Internet n si shanti jadi muridnya yang terus aja godain gw dengan panggilan ‘Canggah...’ Aduhhhh...) Canggah kapan ke malang lagi? Kita kangen Nggah. Kangen ama menu makan canggah yang always bubur ayam – soto – bakso – mie – bubur ayam – soto - ........(ini nih salah satu penyebab penyakit infeksi usus gue) Kangen ma masuk angin n wedang jahenya canggah (pantesaaaan dipanggil canggah). Kangen ma suara kpala kejedot n kaki kepleset canggah. Dll deh... pokoke Canggah cepet sembuh yack... biar bisa k kosan lagi”.


Comment berikutnya dateng dari Bakpao alias Nina. Masih anak kos gue juga. Dah lulus juga n skrg dia berada di pulau seberang, di Banjar Baru. “Nid... gimana kabar kamu? Dah baekan blum? Buruan sembuh atuh neng... biar bisa kencan lagi. Btw.. gimana kerjaanmu? Lancar kan?” uhuk-uhuk... gue keselek 2 kali neh. Uhuk p’tama : Kencan ma sapa coba? Ma kucing? Uhuk kedua : KERJAAN? Gw kan blum sembuh, so blum bisa kerja lah... Oooo... gw tau (sambil menjentikkan jari, muncul bolam lampu diatas kepala) Maksudmu kerjaan ’tidur’ ya Pao? Alhamdulillah... lancaaarrrrrrr...!!!


Lagi asyik baca FS, tiba-tiba gue dapet SMS dari Sandra, sahabat gue yang sekarang ada di Bandung. ” Nid, gimana hasil tes CPNS lo? Lulus gak? Gue kemaren gagal. Moga-moga lo lulus yack...” Hiks... hiks... gue trenyuh ngebaca SMS si Teteh. Bukan trenyuh karena teteh gagal setelah b’juang, Tapi gue trenyuh karena gue ‘gagal sebelum berjuang’. “Btw cepet sembuh yack.. Katanya mo nengokin Bokap lo di Bandung sekalian maen kerumah gue.“


Seolah ada kontak bathin ma sandra, sobat gw satu lagi, Arin, yang masi b’sisa di Malang menelpon gw “ Chantik... gue kangen ma lo n Sandra. Kapan lo ke malang? Gue nyesel... sekarang gue disini sendiri juga karena gue. Gue ketinggalan jauh dari kalian. Kalian udah bebas dari bangku kuliah, gue masi nguber-nguber pembimbing gue yang ga jinak-jinak. Chantik... skripsi gue mbuleeeet (baca:ribet) ae.” Duh Maniez, se’andainya gue sehat, pasti besok pagi gue udah ada disamping lo buat ngedengerin keluh kesah lo, nemenin lo ke perpus, nemenin lo bimbingan, jadi satpam ngoprak-ngoprak lo buat garap skripsi. ” Sory chantik,bukan waktunya gue ngeluh didepan lo yang lagi sakit. Udah ga usah pikirin gue. Cepet sembuh ya chantik.. biar lo bisa ke malang lagi, kita ke KOPMA bareng lagi, masak bareng lagi, ngerumpi bareng lagi, photo box di MATOS lagi, bla...bla..bla.. Oh ya Chantik. Pokoknya lo harus cepet sembuh. Inget nyokap lo masih ngebutuhin lo jadi babbysitter n pembokat chantiknya, buat ngurus rumah n adek2 lo. Oke coy... CHAIYYOOO”


Satu lagi sobat gw yang slalu mensupport gw. Riri, sobat gw dari SMP n kita ketemu lagi di bangku kuliah dan tinggal sekosan saat ini dia ngelanjutin S2 di Unpad Bandung. Dia always ngoprak-oprak gue buat ngelanjutin S2 bareng dia. Alasannya sih biar bisa nemenin bokap gue yang kerja di Bandung juga. Sejuta kali dia ga bosen-bosen ngerayu gue, n sejuta kali dan ga bosen-bosen juga gw tolak mateng-mateng. ” Nek, gimana keadaan lo? Dah mendingan lom? Eh... ne dikampus gw ada pendaftaran maba S2 Psikologi. Lo mao gue kirimin formulir kagak? N sekalian gw cariin kosan? Or lo mo tinggal ma bokap lo aja di Cibeureum? Ya udah deh..gapapa walopun jadi jauh ma kosan gue, ntar lo kuliahnya naek angkot or ojek aja ya...” Aih- aih... kan gue dah bilang klo S2 gue dipending dulu. Gue lagi bosen kuliah, nek. Gue pengen kerja dulu, buat bantuin bokap ngebiayain adek-adek, terus konsentrasi di Karir, terus nikah, terus buka usaha bareng suami, terus punya anak, nyunatin anak, terus nyekolahin anak, terus naek haji, terus mantu, terus........ ( Eits... kapan S2nya yack? Ho..ho..ho..)


Sorenya, Gw dapet telpon dari organisasi gue di kampus. ”Assalamualaikum mbak Nida... Ni Ririn mb... mba’ kita ada undangan buat mbak nih, tapi karena ga sempet ngirim ke imel ya udah via telpon aja yach... Maap ya mba, ga sopan. Lusa KOPMA ngadain diklat ruang, mbak. Ngumpul di KOPMA jam 7 pagi. Biasanya mbak Nida kita todong bwt jadi pemateri, tapi kali ini enggak kok mbak.. so tenang aja. Trus diklat lapangnya minggu depan n diklat kewirausahaannya minggu depannya lagi. Sekian sekilas info. Mbak klo dah sehat dateng ya... Cup..cup.. Muach... Oh ya kalo ke malang ga usah bawa-bawa lumpur lapindo ya..hehehe.. Wassalam”. Fiuh... Adek-adekku chayank, sebenernya mbak pengen banget ada disana. Tapi tunggu mbak sembuh dulu yach... kalopun ga kebagian untuk menyaksikan Diklat, mbak pasti mendampingi kalian saat kalian LPJ nanti. Insya Allah Mbak akan datang di RAT nanti. (Optimis, sambil mengepalkan tangan. Chaiyyo...Chaiyyo...).


Besok paginya, Ringtone ”Tetap Bertahannya-Wali” dari HP gue berbunyi. Ternyata mas Edi, kenalan gue di Pare telpon ” Halo Nida... gimana kabarnya? Udah sembuh belom? Kamu sakit apa sih kok betah banget? Btw ni anggurnya udah berbuah. Aku jadi inget kamu. Buruan ke Pare ya.. kLo enggak ntar kehabisan loch..” Mas Edi, tau ga sebenernya detik ini aku juga ada di Pare? Mo kursus lagi n yang jelas aku pasti maen kerumahmu. Tapi berhubung Allah berkehendak lain. Ya.. aku ’tetap bertahan’ di Juanda deh mas...


Gue cuman bisa menghela nafas ketika membaca atawa mendengar semua itu. Gue jadikan semua simpati-simpati yang masuk ke gue itu adalah penyemangat buat gue. Semua itu adalah harapan-harapan masa depan gue yang sempet tertunda,. Yup.. Gue harus semangat n selalu berdoa agar cepat sembuh. Ga perlu disesali. Saatnya bangkit. Saatnya kembali menatap masa depan. Semua yang terjadi pasti ada hikmahnya kok.

Temen-temen... minta do’anya ya... biar Nida bisa lekas berada ditengah-tengah kalian lagi...




TEACHING PEINT OF THE DAY

Kita boleh meminta pada Allah. Allah tidak memberi apa yang kita inginkan / Harapkan. Tapi Allah memberi apa yang kita butuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarin Ah...