Jumat, 29 Januari 2010

KEBOSANAN KERJA ATAU BOSAN HIDUP…?

Ups… judulnya kok tragis amat ya? Pake bawa-bawa bosan hidup segala?!?! Tapi memang itulah fenomena yang sering terjadi pada setiap karyawan. Dengan rutinitas kerja yang monoton setiap hari tak ayal bila semua beban yang ada menumpuk, dan akan terjadilah kebosanan kerja.
Ceritanya beberapa hari yang lalu saya menerima sebuah pesan di facebook dari seorang rekan yang Isinya berupa curhatan tentang kejenuhannya terhadap pekerjaannya. Keesokan harinya, ternyata teman sekantor saya juga merasakan hal yang serupa. yaitu kebosanan dan kejenuhan kerja. gejalanya bisa seperti ini nih...


Mereka bingung, apa yang harus mereka lakukan agar tidak terus terkekang oleh perasaaan itu?
Sayapun sering merasakan hal serupa seperti yang mereka alami.
Bagi saya, Jika kita sedang berada pada satu titik puncak kejenuhan, tidak ada salahnya untuk mencoba mundur selangkah agar kemudian dapat berlari dengan kencang beberapa langkah kedepan.

Berikut ada sedikit tips dari saya tentang pengalaman yang saya lakukan untuk mengatasi kebosanan kerja.
1.Lakukan dengan variasi sendiri
Pekerjaan yang terus-menerus dan monoton memang memberi konstribusi terbesar untuk terjadinya kejenuhan kerja. Hal ini disebabkan oleh otak yang bekerja secara monoton. Tak ada salahnya bila sekali – sekali kita mengerjakan tugas kantor dengan cara kita sendiri. Tidak harus “saklek” dengan tuntunan yang ada dari kantor, yang penting hasil yang dicapai sama dan tidak merugikan berbagai belah pihak.
2.Lihatlah dunia lain
Ahahaha… bukan dunia lainnya Hari Panca untuk uji nyali lho… “ Dunia lain” yang saya maksud disini adalah segala sesuatu yang berada di luar rutinitas kita, namun hal tersebut masih dapat kita jangkau.
Misalnya: Anda adalah seorang karyawan perusahaan yang tugas sehari-hari adalah duduk mengetik di depan komputer tanpa henti, saat benar-benar berada pada titik kejenuhan, tak ada salahnya jika pada saat jam istirahat kita duduk-duduk di kantin sambil ngobrol dengan rekan-rekan kantor dari bagian lain. misal dengan manajer atau bahkan dengan ibu kantin, cleaning service, ataupun driver kantor. Sesekali kita perhatikan dunia mereka dan berbagi bersama. InsyaAllah kita akan dapatkan sesuatu yang berbeda dari sekedar makan siang di meja kerja.
3.Jalan lain menuju ke Roma
Hampir sama dengan no 1 dan 2. Intinya adalah “melakukan sesuatu yang beda”. Tidak hanya sebatas pada pekerjaan atau rutinitas kantor saja, melainkan keseharian yang kita jalani selama sehari-hari.
Misalnya: Biasanya anda pergi ke kantor naik sepeda motor, cobalah sekali-sekali untuk mencoba rasanya berdesak-desakan naik bis kota. Biasanya anda berangkat kantor dari Sidoarjo langsung ke Surabaya, sekali-sekali tak ada salahnya jika anda berangkat dari Sidoarjo berputar dahulu ke Gresik baru ke Surabaya. Hahaha…
4.Stop sesaat saat penat
Ini adalah alternative terakhir jika ketiga cara di atas sudah tidak mampu lagi membendung kebosanan dan kejenuhan yang anda alami. Hentikan sejenak semua aktifitas anda untuk beberapa waktu. Istirahatkan sejenak otak dan fisik anda, setelah anda merasakan fresh dan siap untuk melakukan aktivitas kembali, silakan lanjutkan kembali…



Nah.. itulah beberapa tips yang bisa saya bagi. Memang bukan panduan, hanya berbagi pengalaman dari apa yang saya alami. Semoga bermanfaat…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarin Ah...