Sabtu, 28 Februari 2009

SÅÄT HÅTÌ KÉCÍL BÎÇÄRÄ


Suràbáyä, 12 Fèbruåri '08. Pukul 21.10 WIB puläng kerja, di atäs bis køta JMP-Bungurasih. Badan terasa pegal-pegal, otak penat. Di tengah hiruk pikuk para penumpang bis kota. Tibä-tibä seorang bapak separuh baya duduk dì sèbèlah saya. Si bäpäk b'tänya päda saya "Mbäk, menawi kulo mbayar ngangge arto 3000,purun mbøten nggih?(mbak,klo saya mbayar bis pake 3000 (red:kondekturnya) mau gak ya?" Sambil tersenyum saya jawab "mboten ngertos,pak! Ongkose Rp4000,00"

Dèngan wajah cèmbèrut, Sí bäpäk bercèrìtä pädä säyä bähwa beliau bäru dätäng dåri Jøgja, nåik kereta api sampai Wönøkrömø. Sèsampai di Surabaya, ternyata uängnya súdah häbìs. Díá tidäk pegang uäng samä sèkäli. Hänyä uang Rp.3000,00 di tängän,itupun ia däpätkan däri penjual tahu cämpur di tepi jalan. Dan sesampainya d Bungur nanti, dia masih harus nyambung angkot ke Krian,sedangkan saat ini ia sudah tidak punya uang sepeserpun. (sambil memperlihatkan isi dompet dan sakunya yang kosong).Begitulah cerita yg keluar dari mulutnya. Entah benär atau salah, hanya Tuhan yang tau.

Häti säya tersèntuh, mèráså kasihan pada si bäpäk. Tètåpi saya teringat pésan para keluarga dan orang-orang terdekat
* "Hati-hati sama kehidupan malem di Surabaya, Nid! Banyak perampøkan, penipuan, perkøsaan, dll"
* "Jängän mudah percaya sama orang yg bäru dikenal, Nid."
Dän masih banyak lagi 'wanti-wanti' yang mengatakan Waspadalah..waspadalah!!

Säyä mencoba berläku cuek atas cerita si Bapak itu. Saya melirik ke arahnya. Pandangannya kosong, bibir cemberut. Saya mencoba berfikir logis, Di antara bisikan-bisikan setan vs malaikat.
"Ati-ati Nid,kali aja thu orang ngibulin lo!"
"Kasihan Bapak itu. Dimana rasa perikemanusiaanmu, Tega melihat orang lain m'derita.Masa sih kamu tidak mau memberinya sepeserpun?"
"Yee.. Salah ndiri napa dah tau perjalanan jauh kok bawa duit pas-pasan?"
"Siapa tau bapak itu bäru dapet musibah. Inget Nid, gak selamänya kamu berada di atas. Suatu saat kamu juga butuh pertøløngan orang lain."
"Ntar klo lø kasih dia duit,ternyata dia penipu gimana?trus stelah lo kena,malem berikutnya dia ngincer lo mlulu gimana? Tidaaak!!"
"Serahkan smua pada Allah. Yang penting niatmu ikhlas. Masalah dia bohong/jujur. Biar Allah yang memberi ganjaran."

Saya merogoh tas. Ingin memberinya uang. Ternyata di tas hanya ada uang Rp7000,00 untuk nyambung angkot dr bungur-juanda.(sbnrnya didompet masih ada uang jaga2,tapi saya anggap tidak bs diganggu-gugat karena memang untuk keperluan sangat mendesak.Dan memang itu uang besar,tidak adä kembalian). Saya keluarkan Rp2000,00. Saya berikan pada si Bapak. "Maaf pak,hanya ini yang saya punya.sayapun masih butuh ongkos untuk pulang. Tapi saya ikhlas kok,pak!" Dengan cepat ia menerima pemberian saya. Aneh,ekspresi wajahnya tidak berubah sama sekali. Berterima kasihpun tidak. Atau mungkin.. Ia kecewa karena pemberian saya sangat sedikit. Apapun yang terjadi, Wallahu alam.. Saya serahkan semua pada Allah.

2 komentar:

  1. buat semuany... ati-ati perjalanan malem. Sekalipun didalem kota.

    BalasHapus

Komentarin Ah...