Minggu, 01 Februari 2009

GURU-GURU CILIK

STOP! PRIIIIIIIIIITTTT…………..!!
Suatu hari, ditengah teriknya matahari terdengarlah suara-suara heboh dari sebuah perumahan.
Aya : “Bukan… bukan gitu caranya mbak. Klo mbak Aminah naek ke sedel dulu ntar jatoh. Mending dikayuh aja dulu. Baru klo dah jalan baru duduk.” (dengan gaya bak (pengajar kursus mobil) pengajar sepeda ontel)
Aminah : “ Tapi mbak takut nih klo belajar sepedanya langsung yang gede. Ntar aq jatoh, mas…”
Aya : “ Gak.. Gak.. mbak.. aku aja lho bisa mbak... ( Ngelus-ngelus punggung Aminah, berusaha meyakinkan Aminah) Dulu pas aku diajarin ma mbak Nida juga kaya gitu kok. Iya kan mbak?” Ngelirik ke arah gue, minta dukungan. Gue manggut-manggut).
Nuha : ” Iya mbak, mbak Aminah naek sepeda yang gede itu aja. Jangan pake’ sepedaku. Ntar bannya bocor lhoo... Yok kita sepedaan bareng- bareng”

Begitulah aktivitas adek-adek gue yang lagi ”ngelesin privat” cara mengendarai sepeda ke Orang yang kerja dirumah gue. Setiap Aminah belajar sepeda, mereka ga bosen-bosennya ngasih pengarahan ke Aminah. Sampe suaranya serak. Sampe pada keringetan segede-gede jagung. Bahkan si Aya ga sungkan-sungkan mempraktekan mengendarai sepeda gue. Walopun lebih gede sepedanya daripada orangnya. Hihihi...

Aya : ” Mbak Ami... kalo mo pinter naek sepeda, jangan takut. Trus jangan pake sepeda kecil lho... ntar malah jatuh soale gak imbang. Pake sepeda gede aja gapapa. Jangan takut jatoh. Pede aja lagi. Nih kayak aku. Liatin ya...”





Wakakakak... lucu banget aksinya. Untung sempet jadi paparazi buat ngejepret fotonya.

Gak lama kemudian....
Guk.. guk... guk.... ” HWAAAAAAA......... mbak Nidaaaaaaaa..... toloooooooooooong. Ternyata sepeda Aya (plus Ayanya juga) dikejar Anjing gara–gara dia hampir nginjek buntut anjing. Ngeliat kejadian itu, spontan gue mengejar anjing itu. Maksudnya pengen nyelamatin si Aya plus ngasih pelajaran ke anjing itu. ”ngapain ngejar-ngejar adek gue?” Jadilah pemandangan yang aneh. Kejar-kejaran antara Aya + sepeda – anjing – gue. Sayangnya ga ada yang mengabadikan moment itu. Si Nuha malah poto-poto sendiri dengan narsisnya.




Balik ke masalah Aminah. Orang yang kerja dirumah gue ini lagi getol-getolnya belajar sepeda. Nyokap gue udah ngijinin dia, kitapun fine-fine aja, bahkan ngedukung asal ga ninggalin gawean dia aja. Setiap ada kesempatan, dia mulai belajar. Tapi sayangnya, sepeda yang dia pake tu sepedanya Nuha (baca: sepeda kecil). Walhasil, setiap mo sepedaan, si Nuha kudu ngepompa sepedanya dulu yang kempes lantaran habis di pake Aminah (secara, Aminah kan bukan Anak kecil lagi. Harusnya pake sepeda gede, bukan sepeda kecil). Maka dengan semangat ’45, Nuha n Aya ngajarin aminah biar berani naek sepeda gede. Tapi walopun berapa kali si Aya, Nuha, gue bahkan nyokap ngebilangin dia untuk naek sepeda gede, tetep aja dia pake’ sepeda kecil. Awalnya masih bisa kita tolerir, cos masih belajar. Tapi lama kelamaan, kasian juga si nuha kalo tiap hari kudu mompain sepedanya setiap mo pergi ngaji. Walhasil dia suka telat gara-gara waktunya banyak kemakan untuk ngurusin sepeda. Hingga pada suatu hari...

GUBRAKK...
Nyokap : (dengan suara berbisik sambil ngintip dari balik jendela) ” Mbak Nida... sini.. sini.. tu liat! Mbak Ami jatoh. Dia pake sepedanya Nuha lagi thu.”
Gue : ”ho-oh...ho-oh.. aku juga juga liat niy” (dengan suara berbisik juga, ngintip dari balik jendela juga.
Nyokap& Gue : ( memperhatikan apa yang dilakukan Aminah dari balik jendela)
Aminah : (garuk-garuk kepala, menggigit bibir bawah, masuk ke pekarangan rumah, memarkir sepeda nuha, mengambil sepeda gue (baca:sepeda gede))

Wah... akhirnya dia mau juga nyoba sepeda gede setelah jatoh melulu gara-gara naek sepeda kecil. Mungkin setelah dia pikir-pikir, Ternyata bener juga apa kata Aya ”Jangan pake sepeda kecil lho... ntar malah jatuh soale gak imbang”. Walopun cuma seorang anak kecil, tapi bener juga thu apa yang dia bilang. Diapun bisa bilang begitu karena pengalaman.


Teaching Point of This case
” Jangan lihat siapa yang berbicara, tapi dengarlah apa yang ia katakan.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarin Ah...